HUBUNGAN PERAN PELAYANAN KESEHATAN DAN KEPATUHAN PENGOBATAN PADA PASIEN PENYAKIT TIDAK MENULAR PASCA PANDEMI COVID-19

  • Natalia Christin Tiara Revita Universitas Gresik
  • Riski Dwi Prameswari Universitas Gresik
Keywords: pelayanan kesehatan, penyakit tidak menular, perilaku pengobatan

Abstract

Pendahuluan: Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan penyebab utama kematian di Indonesia dan dunia. Pandemi Covid-19 membawa tantangan besar dalam pengelolaan PTM, mengganggu akses layanan kesehatan rutin, dan memengaruhi kepatuhan pasien terhadap terapi. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan peran pelayanan kesehatan terhadap kepatuhan pengobatan di Indonesia pasca pandemi Covid-19. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik pada Juli hingga September 2024. Instrumen kuesioner terdiri dari 3 bagian yaitu identitas responden, variabel peran pelayanan kesehatan dan perilaku pengobatan pasien. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Sampel penelitian sebanyak 400 orang dan dianalisis menggunakan uji statistik Chi Square untuk melihat hubungan peran pelayanan kesehatan dan kepatuhan pengobatan pasien PTM. Results: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara peran pelayanan kesehatan dan kepatuhan pengobatan pada pasien PTM (P<0,05). Kesimpulan: Pentingnya pendekatan pelayanan kesehatan yang lebih adaptif, inklusif, dan berorientasi pada kebutuhan pasien. Pelayanan kesehatan yang berpusat pada pasien, merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan kepatuhan pengobatan PTM pasca pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-06-17
How to Cite
Revita, N., & Prameswari, R. (2025). HUBUNGAN PERAN PELAYANAN KESEHATAN DAN KEPATUHAN PENGOBATAN PADA PASIEN PENYAKIT TIDAK MENULAR PASCA PANDEMI COVID-19. Jurnal Keperawatan, 14(1), 49-56. https://doi.org/10.47560/kep.v14i1.694